Sabtu, 22 Juli 2017

Pengertian Stroke dan Cara Mengobatinya

Stroke adalah penyakit yang dapat menyerang siapapun serta setiap saat. Penyakit stroke disebabkan karna penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah di otak. Hingga, beberapa sel di otak jadi mati karna kekurangan oksigen. Hal semacam ini dikarenakan oleh obstruksi yang ada pada aliran darah, atau pecahnya pembuluh darah arteri yang berikan makan otak. Pasien umumnya mendadak kehilangan kekuatan untuk bicara atau pelo, serta dapat pula menyebabkan pada problem memori, serta bahkan juga mengakibatkan satu diantara bagian badan dapat jadi lumpuh.
Aspek kemungkinan pasien stroke mencakup :
umur di atas 55 tahun
Lelaki
Afro Amerika serta Hispanik
Kisah keluarga yang terserang penyakit stroke
Memiliki Desakan darah tinggi
Cholesterol tinggi
Merokok
Gula darah tinggi/Diabetes
Gemuk
Memiliki penyakit kardiovaskular/jantung
Tingginya asam amino dalam darah
Pemakai kokain/narkoba
Pecandu alkohol
Banyak fikiran/stress
Type Penyakit Stroke
Penyakit stroke dibagi jadi 2 jenis yakni stroke hemorragik serta iskemik.
1. Stroke hemoragik
stroke hemoragik adalah satu keadaan di mana pembuluh darah di otak pecah hingga mengakibatkan darah keluar serta masuk ke jaringan otak. Hingga beberapa sel yang terserang darah itu juga akan rusak serta tidak bisa berperan dengan baik. Umumnya pasien stroke ini karena desakan darah tinggi atau hipertensi.
Ada 2 jenis stroke hemoragik :
a. Pendaharan Subraknoid
Type pendarahan ini tentang sekitaran 5% dari semua serangan stroke. Pasien pendarahan subraknoid umumnya alami sakit kepala yang kronis serta terkadang leher jadi kaku dan diserai muntah. Hingga selekasnya mungkin saja mesti diobati serta dibawa ke dokter. Umumnya pasien yang selamat karena serangan ini juga akan alami lumpuh/cacat.

b. Pendarahan Intrasereberal
Type pendarahan ini tentang sekitaran 10% dari semua serangan stroke. Pendarahan ini seringkali berlangsung di pembuluh darah arteri otak sisi dalam. Tingkat kematian pasien pendarahan intrasereberal lebih tinggi dibanding dengan type pendarahan subraknoid. Tetapi, bila ada yang selamat dari pendarahan ini umumnya semakin lebih cepat sembuh dibanding dengan type yang lain. pemulihan sekitaran 2-3 bln. saat serangan stroke.

2. Stroke Iskemik
stroke iskemik 85% karena sebab penyumbatan pada pembuluh darah. Sumbatan ini dapat karena oleh banyak hal yakni : karna bekuan darah, penyempitan arteri, atau dapat pula karna kotoran yang keluar dari jantung atau arteri ekstrakrani serta kotoran itu mengakibatkan penyumbatan di pembuluh darah. Penyumbatan dapat berlangsung di selama pembuluh darah arteri hingga ke otak. Tetapi, Pada pasien yang berusia di atas 65 th. umumnya karena sebab keadaan arteri yang mengeras atau dimaksud dengan aterosklerosis.
Darah yang menuju ke otak disuplai oleh pembuluh darah arteri yakni : 2 arteri vertebralis serta 2 arteri karotis interna. Type arteri ini adalah cabang dari lengkung aorta jantung. Nyaris beberapa besar pasien yang terserang stroke menanggung derita type iskemik ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar